Saturday 21 March 2015

Micrososft Word 2010




PADA HALAMAN KERJA

            Diatas tampil berupa halaman lembar kerja Ms.Word 2010 yang dilengkapi dengan petunjuk nama komponen halaman kerja tersebut.Disini akan kami jelaskan fungsi dari masing-masing komponen halaman kerja tersebut.
a)Title Bar terletak pada bagian atas jendela aplikasi, berisi keterangan berupa nama dokumen yang sedang dikerjakan . Secara default word akan memberikan nama Document 1, tapi anda dapat merubah pada saat akan menyimpannya ke dalam komputer.
b)Ruller  berfungsi seperti halnya penggaris. Ruller memudahkan pengguna untuk melihat posisi sebuah teks atau ukuran sebuah image pada dokumen atau lembar kerja. Anda dapat memunculkan Ruller pada lembar kerja dengan cara Klik Tab Vie , Pilih Ruller pada group Show/Hide.
c)Scroll Bar adalah fasilitas yang terdapat pada Microsoft Word yang berfungsi untuk menggeser tampilan ke arah kiri-kanan ( Horizontal Scroll Bar ) atau ke arah atas – bawah ( vertical scroll bar ).
d)Ribbon adalah fasilitas yang digunakan untuk memudahkan pengguna ketika bekerja menggunakan kumpulan toll. Ribbon terdiri dari beberapa bagia yaitu Tab, Group, Ikon-ikon Tool Button, dan Dialog Box Laucher.
MS Word memiliki beberapa Ribbon Tab , yang setiap Tabnya memiliki bebrapa group dengan bebrapa kegunaannya . Berikut bebrapa Tab yang terdapat dalam MS Word :
a.       File
b.      Home
c.       Insert
d.      Page Layout
e.       References
f.       Mailings
g.      Review
h.      View
e)View Bar adalah fasilitas yang digunakan untuk memilih jenis tampilan pada dokumen. View Bar terletak di bagian bawah jendela aplikasi berdekatan dengan zoom slide.
MS Word menyediakan beberapa jenis tampilan yang bisa digunakan untuk para pengguna yang bisa di pilih sesuai kebutuhan. Berikut diantaranya:
a.       Print Layout
b.      Full Screen Reading
c.       Web Layout
d.      Outline
e.       Draft
f)Zoom Slide adalah fasilitas yang digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan sebuah lembar kerja. Fasilitas ini terletak pada bagian pojok kanan bawah jendela aplikasi.
g)Status Bar adalah Komponen yang terletak di bagian bawah jendela aplikasi yang memberikan informasi tentang dokumen seperti jumlah dokumen , posisi halaman saat ini, dan jumlah kata
h)Minimize,Maximize and Close memiliki fungsi yaitu  minimize menyembunyikan halaman kerja terbuka,maximize memperbesar atau membuka secara utuh halaman terbuka,dan close  menutup halaman terbuka
dsb.



 II.TAMPILAN MASING-MASING MENU DAN FUNGSI DARI SUB MENU YANG TERDAPAT PADA MENU
1.TAMPILAN MENU FILE

Fungsi-fungsi sub menu pada menu file:
1.New : Untuk membuat lembar kerja baru
2.Open : Untuk membuka file dokumen yang pernah kita buat
3.Close : Untuk menutup file yang sudah sedang aktif
4.Save : Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan.
5.Save as : Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file baru.
6.Save as Web Page : Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file baru.
7.Search : Untuk mencari file atau nama file
8.Versions : Untuk menampilkan tanggal dan waktu masing-masing versi yang disimpan dan nama orang yang menyimpan.
9.Web Page Preview : Untuk menampilkan file yang aktif sebagai halaman web dalam browser sehingga kita dapat melihat seperti apa dokumen yang dibuat sebelum diterbitkan/dicetak.
10.Page Setup : Untuk menentukan margin dan ukuran kertas.
11.Print Preview : Untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak
12.Print : Untuk mencetak dokumen yang kita buat
13.Send to : Untuk mengirim dokumen ke media lain seperti Microsoft Powerpoint
14.Properties : Untuk menampilakn informasi tentang dokumen yang aktif
15.Exit : Untuk keluar dari program Microsoft Office


2.TAMPILAN MENU HOME

Fungsi-fungsi sub menu pada menu home:
a)Pada Group Clipboard yaitu:
1.Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut
2.Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
3.Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
4.Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
b)Pada group font yaitu:
1.Font : untuk memilih jenis huruf
2.Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
3.Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
4.Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
5.Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
6.Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
7.Bold : untuk menebalkan teks terpilih
8.Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
9.Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
10.Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
11.Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan 
12.Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih 
13.Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
14.Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
c)Pada Group Paragraph yaitu:
1.Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
2.Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
3.Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
4.Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
5.Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan
 (format Latin)
6.Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri
(format Arab)
7.Sort : untuk menyortir data
8.Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
9.Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
10.Center : untuk mengatur teks rata tengah
11.Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
12.Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
13.Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
14.Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
15.Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
d)Pada Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
1.Heading Styles : berisi pilihan format penjudulan paragraf terpilih
2.Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraph
e)Pada Group  Editing terdapat:
1.  Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan input keyword tertentu dalam suatu file
2. Recpale : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti
3.Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file 


3.TAMPILAN MENU INSERT

Fungsi-fungsi sub menu pada menu insert:
a).Pada Group pages yaitu:
           1.Cover Page : untuk memberikan sampul pada halaman
2.Blank Page : untuk menyisipkan halaman kosong dengan format dan desain  standar 
3.Page Break : untuk memutuskan halaman dan berlanjut pada halaman berikutnya
 b)Pada group   Table
1.Insert Table : untuk menyisipkan format tabel secara otomatis sesuai baris dan kolom yang diseleksi
           2.Insert Table..  :  untuk menyisipkan tabel secara menual
3.Draw Table : untuk mengatur style tabel secara menual
4.Convert Text to Table : untuk mengkonversi teks menjadi tabel dan untuk menyisipkan objek tabel
5.Excel Spreadsheet : untuk menyisipkan lembar kerja dari microsoft excel ke lembar kerja microssoft word.
6.Quick Tables :untuk menyisipkan jenis tabel sesuai jatah yang tersedia di MS. Word 2010
c) Pada group Illustrations yaiyu:
1.Picture : untuk menyisipkan objek gambar dari direktori yang tersimpan dalam komputer 
2. Clip Art : untuk menyisipkan clipt art atau gambar yang telah disediakan atau yang ada pada direktori lain. 
3.Shapes : untuk menyisipkan objek shape atau berbagai jenis bentuk pada dokumen 
4.SmartArt : untuk menyisipkan objek struktur organisasi, flow chart dan sebagainya pada halaman 
5. Chart : untuk menyisipkan objek grafik pada halaman.
d)Pada group Links yaitu:
1.Hyperlink : untuk menghubungkan teks ke alamat website atau pada file yang ada di komputer 
2.Bookmark : untuk menghubungkan bagian naskah dengan bagian lain yang ada pada dokumen 
3.Cross-reference : untuk menghubungkan teks dengan objek (table, gambar, footer, halaman, dan lain-lain) yang menjadi bagian naskah dalam dokumen yang sama.   
e)Pada group Header & Footer:
1.Header : untuk menambahkan teks/objek pada bagian header/bagian atas yang akan tampil pada setiap halaman dalam dokumen 
2.Footer : untuk menambahkan teks/objek pada gaian footer/bagian bawah yang akan tampil pada setiap halaman dalam dokumen 
3.Page Number : untuk meberikan penomoran pada setiap halaman.
f)Pada group Text yaitu:
1.Text Box : untuk menyisipkan kotak teks pada dokumen 
2.Quick Parts : untuk menyisipkan beberapa objek pada dokumen 
3.WordArt : untuk menyisipkan dekorasi tulisan pada dokumen 
4.Crop Cap : untuk menambahkan huruf dengan ukuran besar pada awal paragraph 
5.Signature Line : untuk menyisipkan tanda tangan pada dokumen 
6.Date & Time : untuk menyisipkan tanggal dan waktu yang aktif pada dokumen yang aktif 
7.Object : untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen
g)Pada group Symbols yaitu:
1.Equation : untuk menyisipkan format matematika pada dokumen 
2.Symbol : untuk menyisipkan beberapa simbol pada dokumen

  
4.TAMPILAN MENU PAGE LAYOUT

Fungsi-fungsi sub menu pada menu page layout:
a)Pada group Themes yaitu:
1.Themes : untuk memilih tema yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya
2Color : untuk mengatur warna tema halaman
3.Fonts : untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen yang aktif
4.Effects : untuk mengatur tema efek terhadap objek shape yang terdapat di halaman dokumen
b)Pada group Page Setup yaitu:
1.Text Direction : untuk mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
2.Margins : untuk mengatur batas teks pada dokumen
3.Orientation : untuk mengatur posisi halaman
4.Size : untuk mengatur ukuran halaman
5.Colums : untuk mengatur jumlah kolom teks pada halaman dokumen
6.Break : untuk mengatur kontunuitas halaman maupun kolom teks
7.Line Numbers : untuk mengatur kontunuitas nomor baris teks
8.Hyphenation : untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis
c)Pada group Page Background yaitu:
1.Watermak : untuk memberikan efek air di belakang teks
2.Page Color : untuk mengatur warna latar halaman
3.Page Borders : untuk mengatur garis tepi halaman
d)Pada group Paragraph yaitu:
1.Indent : untuk mengatur batas teks
2.Spacing : untuk mengatur jarak antara paragraph
e)Pada group Arrange yaitu:
1.Position : untuk mengatur posisi objek dalam suatu halaman
2.Wrap Text : untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraph text
3.Bring Forward: untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
4.Send Backward: untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
5.Selection Pane : menampilkan panel navigasi objek
6.Align : untuk mengatur posisi objek lepas
7.Group : untuk mengelompokkan beberaoa objek menjadi satu
8.Rotate : untuk memutar dan membalik objek yang terpilih


5.TAMPILAN MENU REFERENCES

Fungsi-fungsi sub menu pada menu references:
a)Pada group Table of Contents yaitu:
1.Table of Contents : untuk mengelolah daftar isi
2.Add Text : untuk mengelolah paragraph terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
3.Update Table : untuk memperbaharui daftar isi
b)Pada group Footnotes yaitu:
1.Insert Footnote : untuk menyisipkan catatan pada bagian bawah halaman atau footer
2.Inset Endnote : untuk menyisipkan catatan di akhir bab
3.Next Footnote : untuk memantau footnote dan endnote
4.Show Notes : untuk menampilkan lokasi catatan footnote atau endnote
c)Pada group Citations & Bibliography yaitu:
1.Insert Citation : untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
2.Manage Sources : untuk mengelolah seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah di sisipkan disemua segmen file dokumen 
3.Style : untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
4.Bibliography : untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen yang aktif.
d)Pada group Captions yaitu:
1.Insert Caption : untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
2.Insert Table of Figures : untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen
3.Update Table : untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
4.Cross-reference : untuk menyisipkan referensi silang
e)Pada group Index yaitu:
1.Mark Entry : untuk menandai masukan baru dalam dokumen
2.Insert Index : untuk menyisipkan daftar kata (index) ke dalam dokumen
3.Update index : untuk memperbarui daftar index terkini
f)Pada group Table of Authorities yaitu:
1.Mark Citation : untuk menandai kutipan
2.Insert Table of Authorities : untuk membuat daftar kutipan
3.Update Table : untuk memperbaharui daftar kutipan


6.TAMPILAN MENU MAILINGS

Fungsi-fungsi sub menu pada menu mailings:
a)Pada group Create yaitu:
1.Envelopes : untuk membuat dan mencetak amplop
2.Labels : untuk membuat dan mencetak label
b)Pada group Start Mail Merge yaitu:
1.Start Mail Merge : untuk membuat surat yang biasa atau berupa email untuk banyak orang  
2.Select Recipients : untuk membuat daftar penerima surat       
3.Edit Recepient List : untuk mengubah daftar penerima surat
c)Pada group Write & Insert Fields yaitu:
1.Highlight Merge Fields : untuk mempermudah mengubah informasi yang salah
2.Address Block : untuk memasukan alamat pada surat yang akan dituju
3.Greeting Line : untuk menambah nama sapaan
4.Insert Merge Field : untuk menambah informasi mengenai penerima suraT
5.Rules : Untuk memberikan garis dalam surat
6.Match Fields : Membandingkan surat
7.Update Labels : Untuk memperbaharui label surat
d)Pada group Preview Results yaitu:
1.Preview Results : Untuk melihat atau mengulah surat yang sudah selesai dibuat
2.Find Recipient : Untuk mendapatkan atau memeskan orang yang menerima surat
3.Auto Check for Errors : Untuk ngecek apa ada kesalahan dalam surat kita
e)Pada group Finish yaitu:
1.Finish & Merge : Untuk menyelesaikan dan menggabungkan
2.Finish : Untuk menyelesaikan surat


7.TAMPILAN MENU REVIEW

Fungsi-fungsi   sub menu pada menu review :
a)Pada group Proofing yaitu:
1.Spelling & Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraf dalam sebuah dokumen
2.Thesaurus : Untuk mengecek ulang pembendaharaan
3.Research : Untuk mengetahui data pengulangan
4.Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata,karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif 
b)Pada group Language yaitu:
1.Translate : Untuk menterjemahkan atau mentranslit data
2.Language : Menjalankan fasilitas penerjemah bahasa
c)Pada group Comments yaitu:
1.New Comment : Memasukkan komentar baru
2.Delete : Menghapus komentar
3.Previous : Memperlihatkan komentar sebelumnya
4.Next : Memperlihatkan komentar selanjutnya
d)Pada group Tracking yaitu:
1.Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya
2.Final: Show Markup : Untuk menampilkan tanda finising atau selesai
3.Show Markup : Untuk menampilkan tanda atau menandai tampilan
4.Reviewing Pane : Untuk mengecek ulang tulisan
e)Pada group Changes yaitu:
1.Accept : Untuk mengulang atau mengecek sapa yang menerima
2.Reject : Untuk mengulang atau melihat data apa yang telah di buang
3.Previous : Untuk melihat ulang data yang lebih dahulu
4.Next : Untuk melanjutkan ke hal yang berikutnya
f)Pada group Compare yaitu:
1.Compare : Untuk mengecek perbandingan atau untuk membandingkan data
g)Pada group Protect yaitu:
1.Block Authors : Untuk pengulangan sapa yang Pemilihan penulis buku
2.Restrict Editing : Untuk mengedit lah yang terbatas






8.TAMPILAN MENU VIEW

Fungsi-fungsi sub menu pada menu view:
a)Pada group Document Views yaitu:
1.Print Layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
2.Full Screen Reading : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
3.Web Layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
4.Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
5.Draft : Untuk menulis surat perintah
b)Pada group Show yaitu:
1.Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
2.Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
3.Navigation Pane : Untuk mengetahui atau menjelajahi dunia tulisan
c)Pada group Zoom yaitu:
1.Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
2.100% : Untuk memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
3.One Page : Untuk membuka satu halaman
4.Two Page : Untuk membuka dua halaman
5.Page Width : Untuk mengetahui ukuran halaman 
d)Pada group Windows yaitu:
1.New Window : Untuk membuka candela baru
2.Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihatseluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
3.Split : Membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
4.View Side by Side : Untuk melihat data yang telah disembunyikan
5.Synchronous Scrolling : Untuk mengatur jarak antar baris
6.Reset Window Position : Menset ulang posisi jendela berdampingan
7.Switch Windows :Untuk membuat beberapa jendela
e)Pada group Macros yaitu:
1.Macros : Untuk membuat tulisan jadi tiga kolom pada satu halaman




III.BEBERAPA CONTOH PENGGUNAAN SUB MENU
A.LANGKAH-LANGKAH MENGUBAH JENIS HURUF,UKURAN HURUF,MODE HURUF
1.Pada halaman kerja yang tersedia,klik menu home
2.Klik tanda panah kecil pada bagian kanan bawah group font
3.Maka akan muncul seperti tampilan dibawah

4.Pada kolom perintah font pilih jenis huruf yang anda inginkan
5.Pada kolom perintah font style pilih mode huruf yang anda inginkan
6.Pada kolom perintah font size pilih ukuran huruf yang anda inginkan
7.Selanjutnya klik ok.Maka saat anda mengetik sudah akan berlaku format yang anda buat tadi.

Jika anda sudah mengetikkan beberapa kalimat sebelumnya
1.Blok seluruh kalimat tersebut
2.Pilih menu home
3.Pada group font,pilih jenis huruf ,ukuran huruf,mode huruf  yang anda inginkan dimasing_masing icon.
Maka kalimat anda sudah berubah menggunakan format yang telah anda buat.
B.LANGKAH-LANGKAH MENGATUR PERATAAN PARAGRAPH,SPASI
1.Pada halaman kerja pilih menu home
2.klik tanda panah kecil pada kanan bawah group paragraph,maka akan muncul tampilan dibawah


3.Selanjutnya pada kolom perintah aligment pilih jenis paragraph yang anda inginkan
4.Pada kolom perintah line spacing pilih ukuran huruf yang anda ingikan
5.Pada kolom perintah spacing tentukan jarak paragraph dari dan sesudah judul
6.Lalu klik ok

Jika sebelumnya anda sudah mengetik bebrapa kalimat maka untuk mengubahnya
1.Blok seluruh kalimat anda
2.Pilih menu home
3.Pada group paragraph tentukan jenis perataan,ukuran spasi,dan jarak paragraph dari judul ,pada masing-masing icon perintah.
C.LANGKAH-LANGKAH MENGATUR UKURAN,POSISI,MARGIN,DAN KOLOM KERTAS PADA HALAMAN KERJA
1.Pada halaman kerja tersedia pilih menu page layout,
2.Pada group page setup klik panah kecil di bagian kanan bawah,maka akan muncul seperti tampilan dibawah

3.Selanjutnya pada kolom periintah margins tentukan ukuran margin yang anda inginkan,
4.Pada kolom perintah orientation pilih posisi kertas yang anda inginkan,
5.Pada kolom paper size yang terdapat di sub menu paper tentukan ukuyran kertas yang anda inginkan
6.Lalu klik ok.
Untuk mengatur jumlah kolom pada group page setup pilih jumlah kolom yang anda inginkan di lembar kerja yang anda buat.
D.LANGKAH-LANGKAH MEMASUKKAN GAMBAR
1.Pada halaman kerja pilih menu insert
2.Klik icon sub menu insert picture,maka akan muncul tampilan penyimpanan gambar anda seperti dibawah

3.Selanjutnya pilih gambar yang akan anda masukkan
4.Lalu klik insert

E.LANGKAH-LANGKAH MEMASUKKAN RUMUS DAN SYMBOL
1.Pada lembar kerja pilih menu insert
2.Selanjutnya klik icon submenu equation
3.Lalu pilih rumus yang akan anda buat,jika belum tersedia rumus maka buat rumus menggunakan insert new equation
4.Untuk memasukkan symbol klik icon symbol
5.Lalu pilih symbol yang akan anda masukkan,jika belum tersedia maka cari di more symbol.
F.LAGKAH-LANGKAH MEMBUAT HEADER ,FOOTER DAN PAGE NUMBER
1.Pada lembar kerja pilih menu insert,
2.Lalu klik icon header atau footer atau page number untuk memilih bentuk header atau footer atau page number yang akan anda buat
3.Setelah anda pilih dan tuliskan isi header atau footeratau  yang anda inginkan.klik perintah close header and footer pada kanan atas.
G.LANGKAH-LANGKAH MENCETAK LEMBAR KERJA
1.Pada lembar kerja pilih menu file,
2.Lalu klik sub menu print,maka akan muncul seperti tampilan dibawah ini

3.Selanjutnya tentukan jumlah copian lembar kerja anda di kolom perintah copies
4.Tentukan kertas yang digunakan.printer yang digunkan untuk mencetak lembar kerja,lembar  kerja yang akan di print,
5.Jika pengaturannya telah selesai klik icon print. 


  














No comments:

Post a Comment